Adab Berdo’a

Pada postingan sebelumnya admin Blog Hatnu.net membahas tentang Syarat Terkabulnya Do’a, dan kali ini saya akan membahas tentang Adab Berdo’a. Untuk mencapai pengabulan suatu do’a, diharuskan adanya beberapa adab, adab tersebut diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengawali do’anya dengan menyebut nama Allah dan memuji kepadaNya serta tidak menyebut langsung tujuan kita dalam memohon.

  2. Mengulang-ulang do’anya minimal 3 kali, tanpa merasa jemu atau bosan.

  3. Menghadap kiblat dengan berperasaan takut, rendah diri.

  4. Mengangkat kedua tangan setinggi bahu dengan suara lembut, yakni tidak keras seperti layaknya memanggil orang di tempat yang jauh.

  5. Bertaubat sebelum berdo’a untuk membersihkan dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

  6. Hendaknya susunan kalimat do’anya tidak bersajak, cukup dengan susunan kata yang sederhana, tidak perlu dilagukan. Karena itu dianjurkan memakai susunan kalimat do’a yang berasal dari Rosululloh SAW,  terutama do’a-do’a yang terdapat dalam Al-Qur’an.

  7. Mengakhiri do’anya dengan bacaan sholawat kemudian dilanjutkan dengan bacaan hamdalah.

Demikian sedikit pengetahuan dari admin Blog Hatnu.net tentang Adab Berdo’a, dan saya ucapkan selamat mencobanya, semoga do’a anda terkabulkan, amin,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>